Minggu, 30 September 2012

Layanan Online


Layanan online adalah suatu layanan social network yang memberikan pelayanan kepada pelanggan dalam bentuk chatting, browsing, dll. Online diartikan sebagai terhubung, terkoneksi, aktif, dan siap untuk oprasi. Sementara online dalam bisnis jual beli adalah menggunakan internet untuk melakukan proses penjualan. Layanan online pertama komersial pada tahun 1979. Layanan online juga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunanya. Pemerintah pun ikut serta menggunakan layanan online. Layanan online juga sering digunakan untuk perdagangan. Layanan online juga akan memudahkan kita untuk memperkenalkan informasi pribadi, perusahaan, dan menjual produk-produk. Hampir semua perusahaan menggunakan layanan online, khususnya perusahaan yang menawarkan layanan jasa. Bisnis dengan layanan online adalah menawarkan jasa atau produk melalui internet. Layanan online juga dapat digunakan sebagai sumber ilmu atau mencari pengetahuan. Adapun layanan online processing adalah transaksi yang dilakukan secara online, contohnya internet banking.

Referensi :

Netiquette


Netiquette berasal dari dua kata yaitu networks dan etiquette yang memiliki arti etika berinternet. Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. Tetapi netiquette juga memiliki manfaat, yaitu dapat mencegah orang mengirimkan sesuatu yang tidak penting atau hanya akan membuang-buang waktu saja.
Secara umum dasar-dasar yang harus diketahui dalam penulisan di internet, yaitu :
1. Huruf Kapital
2. Mencantumkan Referensi
3. Sopan
4. Hati-hati HOAX
5. NO SARA
6. Hal Pribadi, PM saja
7. Hindari OOT
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.
Kita juga harus menghormati pengguna lain yang ada di internet, bisa dengan cara senagai berikut :
1. Jangan biasakan menggunakan informasi ssembarangan atau biasa disebut plagiat.
2. Jangan mengambil keuntungan secara illegal dari internet.
3. Jangan mengganggu privasi seseorang.
4. Tidak menggunakan huruf capital yang berlebihan.

Referensi :

Search Engine


Search engine disebut sebagai mesin pencari, sistem itu diolah satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat website di internet. Sebelum mengenal search engine mesin pencari yang digunakan pertama kali bernama Archie. Alat yang diciptakan pada tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang murid dari McGill Universitas di Montreal. Fungsi search engine ialah untuk mencari alamat-alamat website yang berisi berbagai informasi dalam bentuk tulisan, gambar, video, dll.
Search Engine sendiri pun terbagi atas dua kelompok yaitu Individual Search Engine yaitu mengumpulkan data dari web kemudian menampilkan hasilnya berdasarkan indeks pada basis individu. Contohnya www.google.com. kelompok yang lain adalah Meta Search Engine yaitu dengan cara mencari data dari beberapa individual search engine secara bersama-sama. Contohnya adalah lxquick www.ixquick.com. Terdapat beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, Excite, Northern Light, Hotbot, dll.
Cara kerja search engine berdasarkan urutan, yaitu :
1. Web Crawler
2.  Indexing system
3. Search system
Komponen penting yang terdapat dalan search engine, yaitu :
1. Spider
2. Crawler
3. Indexer
4. Database
5. Result Engine
6. Web Server

Referensi :

Sabtu, 29 September 2012

Chatting


Pengertian chatting adalah mengombrol bila kita artikan dalam Bahasa Indonesia. Dalam komputer dan internet chatting adalah fasilitas dalam internet yang dapat digunakan untuk berkomunikasi kesesama pengguna internet yang sedang online, dapat dalam bentuk tulisan atau suara.

Program chatting dikomputer pertama kali dikenalkan Yahoo melalui fasilitas Yahoo! Messanger (YM). Pada 9 Maret 1989 YM pertama kali dikeluarkan. Awal mulanya YM bernama Yahoo Pager, di Amerika layanan ini sering disebut YIM. Yahoo menyatukan dengan layanan Yahoo! Mail, sehingga pengguna akan diinfokan kehadiran surat yang masuk saat sedang chatting.

I-Chat adalah sebuah program baru yang dikeluarkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia yang disediakan khusus untuk kesejahteraan tunarungu. i-CHAT sendiri merupakan kepanjangan dari "I Can Hear and Talk". Pada 17 April 2010 aplikasi i-Chat disediakan dalam dua mode mode offline dan mode online. Dengan layanan i-chat ini tunarungu dapat erinteraksi, saling berbagi ilmu dan pengetahuan, dan metode pembelajaran ba­hasa, sehingga mereka mampu berkomuni­kasi, bersosialisasi, tumbuh dan berkembang.


Berikut yang terdapat dalam chatting :
1. Net splits
Network dapat menjadi terpecah (disebut “net split”), jadi memisahkan anda dari user-user yang sedang berbicara dengan anda.
2. Lag             
Problem yang sering muncul adalah “lag”, dimana ada delay yang terasa antara waktu ketika anda mengetikkan pesan dan sampai orang lain membacanya.
3. Server List
Pada banyak client, mengetikkan /links memberikan list dari server-server pada net yang bersangkutan. Gunakan perintah ini secara sparing, tidak lebih dari beberapa kali dalam satu baris.
4. Ping? Pong!
Untuk user mIRC : Ping? Pong! Dalam window status berarti server anda mem”ping” anda untuk memastikan bahwa anda masih terkoneksi, dan client anda otomatis membalas dengan pong.
5. Peringatan tentang DCC chat
Perintah /dcc chat dapat digunakan untuk membuka koneksi one-to-one yang menghindarkan dari lagi dan tidak akan diputuskan oleh net split.


Terdapat beberapa perangkat lunak chatting di internet yaitu AOL Instant Messenger (AIM), camfrog, campire, gadu-gadu, google talk, ICQ (OSCAR), Internet Relay Chat (IRC), jabber (XMPP), MUD, MUSH, PalTalk, Pichat, PSYC, SILC, skype, talk, talker, TeamSpeak (TS), vivox, windows live messenger, Yahoo! Messenger, dan facebook.

Manfaat dari Chatting :
1. Sarana murah dan mudah
2. Konsultasi dengan dokter.
3. Berhubungan dengan para pakar.
4. Mengetahui isi buku.
5. Mudah berkomunikasi dengan teman.
6. Sarana belajar dan diskusi.

Terdapat dampat positif dan negatif dari chatting, yaitu :
A. Dampak positif
1. Sarana Komunikasi yang mudah dan murah.
2. Sarana berkonsultasi dengan murah.
3. Sarana berhubungan dengan pakar.
4. Bisa menambah wawasan karena dapat mengetahui isi buku memungkinkan kita chatting tentang isi buku.
5. Mendapatkan teman baru.
6. Sarana belajar dan diskusi
B. Dampak Negatif
1. Mengobrol yang tidak senonoh.
2. Terkena virus.
3. Rematik dan otot pegal.
4. Maniak Chatting.
5. Berhubungan dekat dengan orang yang tidak jelas.

Referensi :
http://my-thoughts-or-not.blogspot.com/2011/05/telkom-luncurkan-i-chat-untuk-siswa.html