Jumat, 28 September 2012

Email


Email merupakan singkatan dari Electronic Mail sehingga e-mail diartikan sebagai surat elektronik. Pengertian email didapat karena surat yang dikirim melalui media elektronik. Pengertian email juga dapat diartikan sebuah pesan berbentuk teks yang dapat dikirim dan diterima secara elektronik. Lebih jelasnya email diartikan sebagai cara pengiriman data yang tidak hanya dalam bentuk teks, tetapi email juga dapat mengirim data dalam bentuk file teks, foto digital, atau file-file audio atau video dari satu komputer kekomputer lainnya.
Pada tahun 1971 seorang ilmuwan yang bernama Ray Tomlinson (Raymond Samuel Tomlinson) ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Awalnya  Ray bereksperimen pada sebuah program yang bernama SNDMSG yang dapat digunakan untuk meniggalkan pesan dikomputer. Dan akhirnya ia pun melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET jadi program SNDMSG dapat mengirim pesan kekomputer lain yang berada pada jaringan ARPANET.  Selanjutnya Ray merubah sejarah dengan menciptakan format alamat email yang terdapat alamat kotak surat, tanda @, lalu diikuti nama mesin. Ia memakai tanda @  karena “ sepertinya masuk akal. Ia menggunakan tanda @ untuk menandai bahwa sii pengguna ‘ada di/at’ host lain selain berada di local area. Pesan Email pertama segera terkirim antara dua noda PDP-10 dalam jaringan ARPANET. Pada tahun 1980, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP versi awal)diperkenalkan oleh Jon Postel sebagai standar untuk menyeragamkan berbagaiprotocol transfer email yang ada sebelumnya (MailBox Protocol, FTP Mail, danMail Protocol). Selanjutnya pada Agustus 1982, protocol SMTP secara resmidipublikasikan sebagai standar baru protokol untuk transfer email dengan kodeRFC 821, juga oleh Jon Postel.
Email sendiri hadir di Indonesia pada awal tahun 1990-an yang dikenal dengan nama paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.
Keberadaan email sebenarnya lebih tua dibandingkan ARPANET atau internet. Awalnya yang kita pikirkan email sebagai file dan folder, yaitu email pada saat itu hanya meletakkan pesan pada direktori user (pengguna) lain di tempat dimana mereka dapat melihatnya ketika user lain tersebut melakukan login. Sistem email pertama dengan cara kerja seperti itu adalah MAILBOX, yang digunakan pada Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1965. Disertai program untuk mengirim pesan pada komputer yang sama yang disebut SNDMSG.
Dalam pengiriman email kita memerlukan program mail-client. E-mail yang dikirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai tujuan. Perhatian contoh dari layanan SMTP dan POP3 :
Menulis surel -> email clien (komputer saya) -> SMTP server penyedia email saya -> internet -> POP3 server penyedia email penerima -> email client (komputer penerima) -> surat dibaca penerima.
Alamat email memiliki struktur pokok: nama-user @ nama_domain. Nama user adalah nama yang kamu pilih untuk identitas email kamu. Sedangkan, nama domain adalah domain (situs) penyedia layanan email yang kamu pilih. Tanda @ (dibaca et, dari kata “at” bahasa inggris) memisahkan nama user dan nama domain. Secara umum email terdiri dari 3 bagian, yaitu :
1. Bagian header
a. Subyek atau topik email
b. Tanggal dan hari
c. Alamat email yang dituju
d. Nama lengkap dan alamat email yang dituju
2. Bagian tubuh, berupa isi email yang menjadi 2 bagian
a. Artikel dari pengirim
b. Kutipan dari artikel yang terdahulu yang diacu pada isi email
3. Bagian footer
a. Signature pengirim email
b. Kutipan artikel/email terdahulu
c. Signature tambahan dari provider internet.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar