Jumat, 28 September 2012

World Wide Web (WWW)


WWW (World Wide Web/Waring Wera Wanua) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW juga bagian dari interner. WWW adalah progam yang ditemukan oleh ilmuwan komputer Inggris Timothy Berners-Lee pada 26 Februari 1991. Sejarah WWW adalah awalnya Berners-Lee mencari cara untuk menyusun arsip-arsipnya, akhirnya ia membuat suatu sistem untuk pribadi. Sistem itu adalah program perangkat lunak yang diberi nama Enquire. Dengan sistem itu Burners-Lee berhasil membuat jaringan yang menautkan arsip agar memudahkan kita dalam mencari informasi yang kita butuhkan. WWW merupakan program pertama yang menggunakan File Transfer Protocol (FTP) yang dikembangkan oleh Burners-Lee pada tahun 1989. Yang diciptakan Burners-Lee adalah seperangkat kode yang diberi nama Hyper Text Markup Language (HTML) yang digunakan untuk mengatur halaman web. Pada tahun 1991 WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan internet, serta browser dan perangkat lunak server web yang tersedia ada dibeberapa tempat seperti University of Illinois ada sekitar 26 situs.
Pada tahun 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang berbasis grafik dan yang mudah digunakan. Dalam beberapa waktu, Mosaic menarik perhatian para pengguna di internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh. Pada 1994, Mac Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan browser yang banyak digunakan setelah MSIE (Internet Explorer) dari Microsoft.  Pada tahun yang sama, CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan W3C (World Wide Web Consortium) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi web. Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh konsorsium ini adalah HTML Level 3.2 dengan nama kode Wilbur, yang belum banyak diimplementasikan oleh browser-browser. Salah satu browser yang telah menerapkan HTML 3.2 adalah Internet Explorer 3.0 dari Microsoft.
Beberapa browser yang sering digunakan anatara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Opera, Thunderbird, Qonquerer, Slim Browser, Links, Lynk, dan Google Chrome. Namun browser yang paling populer di dunia adalah Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox.

Referensi :
http://giesphere.blogspot.com/2009/12/sejarah-terciptanya-world-wide-web-www.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar