Jumat, 10 Oktober 2014

Tugas 2 : Arsitektur Komputer dan Manusia


B. ARSITEKTUR KOMPUTER DAN MANUSIA
     1.      Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem computer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.
a.       Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software denganmemberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
b.      Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistemkomputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software diatas beberapa layer hardware.    
1)      CPU (Central processing Unit), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain danmengubah input menjadi output.
a)      Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.
b)      Control unit (unit pengendalian), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.
c)      Aritmatika and logical Unit, tempat berlangsungnya operasi perhitungan matematika dan logika
2)      Unit Input,  memasukkan data ke dalam primary storage.
3)      Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan programdan data saat tidak digunakan.
                       4)      Unit Output, mencatat hasil pengolahan.




     2.      Struktur Kognisi Manusia
         Struktur kognisi manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia. Mempunyai struktur yang sangat kompleks.




Kesimpulan:
Struktur kognisi manusia memiliki kesamaan dengan arsitektur komputer. Keduanya sama-sama memiliki alur dalam memproses data masukan (stimulus) untuk akhirnya di simpan (di Unit Penyimpanan Sekunder pada komputer atau Memori Jangka Panjang pada kognisi manusia) atau dikeluarkan menjadi informasi atau respon. Namun Komputer tidak dapat dijalankan secara manual, tetapi harus dijalankan oleh pengguna agar dapat menjalankan fungsinya. Sedangkan stuktur kognisi berjalan secara otomatis.



Reference:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar