Selasa, 28 Oktober 2014

TES PAPI KOSTICK (PERSEPTUAL AND PREFERENCE INVENTORY TEST)


Dalam skoring tes papi kostick tidak hanya dapat dilakukan secara manual, tetapi juga dapat dilakukan menggunakan komputer dengan adanya software papi kostick. Akan dijelaskan dahulu tentang tes papi kostick.
Tes PAPI Kostik di buat oleh Guru Besar Psikologi Industri asal Massachusetts, Amerika, Dr. Max Martin Kostick, pada awal tahun 1960-an. PAPI Kostick mengukur dinamika kepribadian (psychodynamics) dengan memperhatikan keterkaitan dunia sekitarnya (environment) termasuk perilaku dan nilai perusahaan (values) yang diterapkan dalam suatu perusahaan/situasi kerja dalam bentuk motif (need) dan standar gaya perilaku menurut persepsi kandidat (role) yang terekam saat psikotest. PAPI Kostick merupakan laporan inventori kepribadian (self report inventory), terdiri atas 90 pasangan pernyataan pendek berhubungan dalam situasi kerja, yang menyangkut 20 aspek keribadian yang dikelompokkan dalam 7 bidang: kepemimpinan (leadership), arah kerja (work direction), aktivitas kerja (activity), relasi social (social nature), gaya bekerja (work style), sifat temperamen (temperament), dan posisi atasan-bawahan (followership).
Berikut ini adalah lembar pengerjaan tes papi kostick secara manual.

 

Setelah testee mengerjakan 90 pasang pernyataan yang terdiri dari pilihan A dan B, pilihan yang testee pilih masukkan ke dalam kolom dibawah ini yang terdapat di software papi kostick.
 


Setelah proses skoring selesai, akan muncul gambar dibawah ini.

 
Dengan adanya software papi kostick itu akan mempermudah dan mempercepat proses skoring dibandingkan jika menggunakan proses skoring secara manual.

Reference:

1 komentar:

  1. Saat ini sudah tersedia tes PAPI Kostick yang bisa dikerjakan online, baik via dekstop maupun mobile. Info lengkapnya bisa mengunjungi:
    https://www.psychologymania.com/2019/12/tes-papi-kostick-online.html

    BalasHapus