Jumat, 12 Oktober 2012

Kecanduan Internet


Tau gak kalian, kalo kecanduan internet masuk dalam daftar penyakit psikologi ? Apa kalian juga tau kecanduan internet menyebabkan gangguan otak ?
Anak yang kecanduan internet, akan digolongkan memiliki penyakit mental yang serius. Dikutip dari laman Sun Herald, gangguan penggunaan internet ini akan dimasukkan dalam golongan DSM IV atau Diagnostik Manual dan Statistik Gangguan Mental. Orang-orang yang kecanduan smartphone juga termasuk didalam didiagnostik tersebut, seperti penggunaan komputer tablet maupun desktop.
Seorang psikolog bernama Emil Hodzic kerap menangani anak yang mengalami kecanduan video game, biasanya mereka manarik diri. “Tanda khas dari orang-orang yang mengalami kecanduan internet akan munculkan ekspresi marah atau frustasi saat mereka tidak bisa bermain” ujarnya. Kecanduan internet memiliki gejala yang mirip dengan ganguan mental lainnya. Kecanduan internet biasanya mudah menyerang anak-anak karna jiwa mereka masih sangat labil.
Penggunaan internet yang berlebihan atau sampai mengalami kecanduan akan berpengaruh pada perubahan materi otak. Perubahan tersebut mengacu pada gangguan koneksi serat saraf yang menghubungkan daerah otak dalam hal emosi, pengambilan keputusan, dan pengendalian diri. Akademi Ilmu Pengetahuan China di Wuhan oleh Hao Lei melakukan penelitian orang yang mengalami kecanduan internet terdapat bagian putih yang memiliki sejumlah serabut saraf dari hasil scan otaknya. Inilah yang membuktikan adanya kerusakan otak. Kecanduan internet juga akan mengalami pengurangan volume otak.
Kecanduan internet memiliki gejala yang dapat didiagnosis seperti terobsesi pada permainan, adanya gejala penolakan (seperti cemas atau mudah tersinggung) saat tidak dapat mengakses internet, terjadi peningkatan waktu yang dihabiskan untuk bermain game, kehilangan kertarikan pada minat dan hobi yang lain, ketidakmampuan untuk membatasi waktu bermain game, menggunakan game untuk meningkatkan suasana hati, dan menjadi kacau karena bermain game.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar