Minggu, 21 Oktober 2012

Komunitas Online


Apa sih komunitas online itu ? Ayo baca artikelnya yaa. Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagai lungkungan, umumnye memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Online adalah terhubung, terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer.
Komunitas online atau yang bisa disebut juga komunitas virtual merupakan komunitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan, hobi, atau faktor penyatu lainnya, dimana media integrasi dan komunikasinya sudah menggunakan internet. Komunitas online adalah sekelompok orang dalam komunikasi menggunakan internet sebagai media utama dan tidak mengandalkan pertemuan langsung secara fisik. Komunitas online bisa menjadi komunitas primer dan sekunder. Maksud komunitas sekunder adalah telah ada komunitas solid yang ada didunia nyata dan komunitas virtual tersebut digunakan untuk pelengkap (E-Media Solusindo, 2008, halaman 17).
Terdapat media yang dapat dipakai untuk membuat komunitas online, seperti chat room, forum, video, suara, dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh komuntas online :
1. Yahoo ! Answer
2. Kakus
3. Indowebster.
Komunitas online dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat, contohnya seperti aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh xxx.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar